Estimasi Biaya Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Fuzzy Use Case Point (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Krisdian Widya Ekatama Widhi Hayuhardhika Nugraha Putra Aditya Rachmadi

Abstrak

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Batu belum memiliki metode khusus untuk melakukan estimasi pengembangan sistem informasi atau aplikasi, hal yang digunakan sebagai acuan adalah SOP yang berisi alur pengembangan aplikasi dengan waktu 3 bulan yang dilakukan dengan perkiraan saja. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah seperti kurangnya waktu dari 3 bulan untuk mengembangkan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan estimasi menggunakan metode Fuzzy Use Case Point dengan kondisi aktual (guesstimate). Terdapat 6 aplikasi yang menjadi studi kasus pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta penggunaan lembar penilaian dengan narasumber Satuan Pelaksana Pengembangan Aplikasi DISKOMINFO Kota Batu. Penghitungan estimasi waktu dan biaya menggunakan metode Fuzzy Use Case Point menghasilkan estimasi yang lebih kecil dibandingkan dengan kondisi aktual dengan nilai rata-rata percent error sebesar 36,62% untuk durasi pengerjaan dan 69,99% untuk biaya total. Penjadwalan untuk masing-masing pengembangan aplikasi direpresentasikan ke dalam Work Breakdown Structure (WBS) untuk kemudian disusun ke dalam Gantt Chart berdasarkan aktivitas yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi DISKOMINFO Kota Batu untuk melakukan analisis estimasi sumber daya yang berguna untuk penyempurnaan SOP atau juga ketika bekerja sama dengan pihak ketiga dalam hal kesepakatan estimasi sumber daya pengembangan aplikasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ekatama, K., Putra, W., & Rachmadi, A. Estimasi Biaya Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Fuzzy Use Case Point (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5845-5851, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5571>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel