Pengembangan Sistem Informasi Penyewaan Gedung Berbasis Web dengan Metode Rational Unified Process (RUP) (Studi Kasus: Wisma Rata Medan)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

David Josua Hutahaean Niken Hendrakusma Wardani Welly Purnomo

Abstrak

Wisma Rata adalah salah satu penyedia penyewaan gedung yang bisa digunakan untuk acara pernikahan, adat dan acara sejenisnya di kota Medan, Sumatera Utara. Wisma Rata masih menggunakan buku besar dalam proses pencatatan data. Walaupun data yang telah tersimpan didalam buku besar dirasa sudah cukup untuk saat ini, tetapi pada saat proses pengelolaan data pemesanan dan pencarian jadwal ketersediaan gedung selalu mengalami kendala dalam pencarian data yang tidak efisien. Penyimpanan data juga tidak aman karena resiko kemungkinan data hilang sangat besar. Masalah yang dihadapi lainnya adalah calon penyewa harus datang langsung ke kantor pemesanan atau sekedar menelepon untuk mencari informasi dan mengecek ketersediaan gedung sesuai hari yang diinginkan. Dikarenakan permasalahan itu, diberikan solusi sebuah sistem informasi penyewaan gedung yang dapat membantu proses pemesanan penyewaan gedung, pengecekan ketersediaan gedung, penyimpanan data pemesanan, dan perekapan data pemesanan. Metode Rational Unified Process (RUP) digunakan dalam mengembangkan sistem dengan fase insepsi, elaborasi, konstruksi dan transisi. Sistem informasi yang telah dikembangkan mendapatkan hasil pengujian validasi dengan hasil 100% valid dan pengujian compatibility dengan hasil yaitu sistem dapat diakses pada browser yang berbeda. User Acceptance Testing kemudian diujikan pada lima responden dari masing-masing aktor menunjukkan sistem informasi penyewaan gedung Wisma Rata Medan dapat diterima dengan baik oleh pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Hutahaean, D., Wardani, N., & Purnomo, W. Pengembangan Sistem Informasi Penyewaan Gedung Berbasis Web dengan Metode Rational Unified Process (RUP) (Studi Kasus: Wisma Rata Medan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5789-5798, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5578>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel