Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Usability pada System Autoworksys pada PT. Prima Berkat Gemilang dengan menggunakan Metode Heuristic Evaluation dan System Usability Scale (SUS)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Aditya Reza Firdaus Niken Hendrakusma Wardani Lutfi Fanani

Abstrak

Autoworksys merupakan suatu sistem back-office yang berbasis web yang dikembangkan oleh PT. Prima Berkat Gemilang untuk melayani kebutuhan perusahaan automotif dalam melakukan kegiatan operasional. Sistem autoworksys sudah digunakan di berbagai perusahaan automotif yang tersebar di wilayah Indonesia meliputi Dipo Angkasa Motor, PT Eurokars Indonesia, Jeep Station Indonesia, dll. Berdasarkan hasil observasi terdapat permasalahan yaitu pada input form sparepart tidak bisa melakukan pencarian dalam bentuk deskripsi melainkan id keyword, sehingga pengguna harus memasukkan id keyword sebanyak 10 digit. Masalah lainnya yaitu pada saat membuat user baru tidak adanya perintah untuk memasukkan password, dua masalah tersebut tidak sesuai dengan prinsip heuristic evaluation yaitu help and documentation dan recognition rather than recall. Melihat banyaknya customer dan permasalahan pada sistem autoworksys, maka diperlukan evaluasi usability sistem. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi usability sistem menggunakan metode heuristik Nielsen yang melibatkan expert IT dan System Usability Scale (SUS) John Broke yang melibatkan persepsi pengguna. Hasil heuristic evaluation menghasilkan 53 permasalahan dengan temuan masalah terbanyak pada prinsip H7 (Flexibility and efficiency of use) dan untuk System Usablity Scale menghasilkan nilai 67,25 yang berarti memiliki nilai “OK” untuk adjective ratings dan memiliki skala “D” untuk grade scale. Perbaikan tampilan pada sistem autoworksys berpegang pada guidelines dan solusi dari expert. Hasilnya terjadi penurunan masalah dari 53 menjadi 1 permasalahan sedangkan untuk hasil kuesioner System Usability Scale menghasilkan peningkatan nilai dari 67,25 menjadi 86,25 yang berarti “EXCELLENT” untuk adjective ratings dan memiliki skala “B” untuk grade scale.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Firdaus, A., Wardani, N., & Fanani, L. Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Usability pada System Autoworksys pada PT. Prima Berkat Gemilang dengan menggunakan Metode Heuristic Evaluation dan System Usability Scale (SUS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5799-5807, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5580>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel