Perancangan Aplikasi Bimbingan Skripsi Berbasis Mobile dengan menggunakan Pendekatan Design Sprint (Studi Kasus Bimbingan Skripsi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Aji Prasetyo Hanifah Muslimah Az-Zahra Adam Hendra Brata

Abstrak

Mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah jika mereka telah menyelesaikan penelitian skripsi dan telah memenuhi persyaratan kelulusan. Untuk kelancaran dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa harus melaporkan pencapaian dan masalah yang dialami saat mengerjakan skripsi. Mahasiswa sering mendapatkan masalah selama bimbingan skripsi, sulit bertemu dosen, sulit untuk melaporkan hasil pekerjaan dan tidak ada jadwal bimbingan rutin. Dosen sulit menentukan jadwal bimbingan, mahasiswa yang dibimbing terlalu banyak, sulit memantau skripsi mahasiswa dan dokumentasi bimbingan tidak lengkap. Berdasarkan masalah yang ada, dibuatlah desain prototipe aplikasi bimbingan dengan Design Sprint. Desain Sprint dapat menerima masukan pengguna dan memvalidasi lebih awal, menyelaraskan seluruh anggota tim, mengatur tujuan yang jelas, mengembangkan hipotesis dan mengujinya dengan cepat. Hasil perancangan berupa prototipe aplikasi bimbingan skripsi berbasis mobile, kemudian pada tahap usability study dengan memberikan tugas kepada dosen dan mahasiswa tidak mendapatkan masalah hanya saja membutuhkan waktu agar terbiasa untuk menggunakan. Dengan hasil yang memuaskan penulisan menyarankan untuk melakukan pengembangan hasil dari prototipe menjadi aplikasi yang siap digunakan oleh dosen dan mahasiswa.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Prasetyo, A., Az-Zahra, H., & Brata, A. Perancangan Aplikasi Bimbingan Skripsi Berbasis Mobile dengan menggunakan Pendekatan Design Sprint (Studi Kasus Bimbingan Skripsi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5808-5816, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5581>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel