Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Kadek Saka Andrika Putra Ismiarta Aknuranda Satrio Agung Wicaksono

Abstrak

Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana (Simasprana) merupakan aplikasi berbasis Android untuk melakukan pelaporan terkait sarana dan prasarana di sekitar lingkungan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB). Aplikasi dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika Filkom UB. Pada pengembangan sebelumnya, belum disertakan keterlibatan pengguna khususnya dalam pengembangan antarmuka pengguna. Perlu disertakan partisipasi dari pengguna langsung dalam pengembangan antarmuka pengguna dengan harapan mendapatkan timbal balik terkait dengan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan persyaratan pengguna dan merancang solusi perbaikan dari segi antarmuka pengguna berdasarkan persyaratan yang didapatkan. Selain itu dilakukan juga perbandingan tingkat usability pada desain awal aplikasi dan juga desain perbaikan. Dalam proses perbaikan antarmuka pengguna, digunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) dan untuk mendapatkan tingkat usability dilakukan pengujian usability. Pengujian dilakukan kepada enam partisipan pada tiga kelompok pengguna. Pada pengujian usability, partisipan diminta untuk menjalankan skenario tugas dan mengisi kuesioner Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) untuk mengukur tingkat kepuasan. Rekomendasi perbaikan dibuat dalam bentuk prototipe interaktif. Hasil pengujian pada desain perbaikan menunjukkan peningkatan pada nilai usability. Pada aspek efektivitas, terjadi peningkatan tingkat kesuksesan sebesar 19.1%. Pada aspek efisiensi, diperoleh peningkatan nilai time-based efficiency sebesar 0.054 goals/sec dan 50.6% pada overall relative efficiency. Pada aspek kepuasan, terjadi peningkatan sebesar 41.2%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Putra, K., Aknuranda, I., & Wicaksono, S. Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5876-5884, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5586>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel