Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan (Studi Kasus: Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

I Gede Satya Krisna Putra Denny Sagita Rusdianto Faizatul Amalia

Abstrak

PSIK Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya bertugas menangani segala hal yang terkait dengan sistem informasi, infrastruktur TI dan hubungan masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya PSIK mengalami beberapa kendala salah satu dari kendala tersebut adalah proses pengajuan keluhan dan permintaan layanan yang masih menggunakan formulir sehingga memerlukan waktu dan usaha yang lebih dalam melakukannya. Selain itu hal tersebut juga menyebabkan kesulitan untuk mengetahui jumlah serta status laporan serta belum adanya parameter yang menunjukan tingkat kepuasan pelapor. Berdasarkan permasalahan di atas dikembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan untuk menghemat waktu dan usaha yang diperlukan dalam melakukan proses bisnis yang berkendala. Sistem melibatkan 7 aktor, 67 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Perancangan sistem menghasilkan sequence diagram, class diagram, rancangan basis data, statechart diagram, rancangan komponen serta rancangan antarmuka pengguna. Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan diimplementasikan menjadi aplikasi berbasis web. Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan diuji dengan melakukan pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi dan pengujian compatibility. Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan dapat membantu PSIK dalam mengelola laporan keluhan dan permintaan layanan IT, mengelola inventaris yang dimiliki serta mengelola surat masuk keluar menjadi lebih efisien.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Putra, I., Rusdianto, D., & Amalia, F. Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan (Studi Kasus: Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5895-5901, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5588>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel