Pengembangan Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Gamifikasi

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ilham Pambudi Fajar Pradana Fitra Abdurrachman Bachtiar

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang telah digunakan untuk berkomunikasi oleh hampir seluruh masyarakat di berbagai negara. Kemampuan menggunakan Bahasa Inggris dengan baik sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia agar mampu berkomunikasi dengan baik di tingkat dunia. Kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris sangat banyak dialami oleh para pembelajar. Berbagai alasan pembelajar merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris, di antaranya disebabkan oleh rasa malas mempelajari kosa kata Bahasa Inggris yang baru, takut salah menggunakan Bahasa Inggris, dan bosan dengan metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar. Empat keterampilan yang harus dikuasai dalam belajar Bahasa Inggris, meliputi  witing, reading, listening, dan speaking. Penguasaan vocabulary yang baik merupakan salah satu kunci dalam menguasai empat materi pembelajaran yang dimaksud. Sistem pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan pendekatan gamifikasi merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dalam mempelajari Bahasa Inggris. Penggunaan konsep gamifikasi menggabungkan konten yang ada dalam sebuah aplikasi game seperti perolehan poin, pencapaian, dan peringkat siswa yang dikemas dalam sebuah materi pembelajaran Bahasa Inggris. Sistem pembelajaran berbasis website dapat diakses dengan tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu, sehingga pembelajar dapat belajar Bahasa Inggris secara mandiri dan fleksibel. Sistem pembelajaran Bahasa Inggris ini dikembangkan dengan model pengembangan perangkat lunak waterfall dengan alur yang diawali dengan rekayasa kebutuhan, serta dilanjutkan dengan perancangan, implementasi, hingga pengujian sistem. Sistem pembelajaran ini telah diuji menggunakan pengujian unit dengan metode white box, serta pengujian validasi dengan metode black box. Berdasarkan dari seluruh tahapan pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa fungsional sistem telah berjalan sesuai dengan perancangan dan data hasil pengujian menunjukkan tingkat validitas 100%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Pambudi, I., Pradana, F., & Bachtiar, F. Pengembangan Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Gamifikasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5910-5916, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5592>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel