Evaluasi Tata Kelola Keamanan Informasi menggunakan COBIT 5 pada Domain APO13 dan DSS05 (Studi pada PT Gagas Energi Indonesia)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yauma Dzikri Imany Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

PT Gagas Energi Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan Teknologi Informasi (TI) untuk menunjang proses bisnisnya. Aktivitas pengelolaan TI di lingkungan PT Gagas Energi Indonesia dilakukan dibawah HR & IT Department melalui Satuan Kerja TI. Pemanfaatan TI membutuhkan banyak data dan informasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan. Banyaknya data dan informasi dengan sifat rahasia yang disimpan dalam TI maka perlu dipastikan data dan informasi yang tersimpan pada TI yang diterapkan telah diamankan dengan baik untuk mencegah adanya ancaman terhadap sistem yang merugikan bisnis. Kualitas pengelolaan keamanan informasi perlu untuk diukur untuk memastikan teknologi informasi yang diterapkan benar-benar aman. Pengukuran keamanan informasi dilakukan dengan membandingkan antara pencapaian yang telah dicapai oleh perusahaan dan pencapaian yang diinginkan oleh perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 5 dengan fokus pada proses APO13 (Mengelola Keamanan) dan DSS05 (Mengelola Layanan Keamanan). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi serta menggunakan instrumen lembar penilaian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, kedua proses tersebut telah mencapai level 2 (Managed Process), sedangkan tingkat pencapaian yang diinginkan perusahaan berada pada level 3 (Estabilished Process). Sehingga terjadi kesenjangan (gap level) sebesar 1 level pada masing-masing proses. Berikutnya akan diberikan sejumlah rekomendasi berdasarkan hasil temuan penelitian dengan mempertimbangkan kesenjangan (gap level) yang ada.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Imany, Y., Putra, W., & Herlambang, A. Evaluasi Tata Kelola Keamanan Informasi menggunakan COBIT 5 pada Domain APO13 dan DSS05 (Studi pada PT Gagas Energi Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5926-5935, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5598>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel