Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Indekos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Pengembangan Rational Unified Process (RUP)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Ahyar Arsul Yusi Tyroni Mursityo Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Rumah indekos Setia Premiere adalah rumah indekos yang terletak di Kota Bekasi sebagai penyedia jasa penginapan untuk masyarakat umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi manajemen indekos berbasis web untuk membantu pengelolaan indekos mengatasi salah satu masalahnya yakni pendataan manual yang berisiko hilang atau rusak. Dengan menggunakan sistem yang menggunakan penyimpanan berbasis awan akan mengatasi risiko data hilang atau rusak karena memiliki fitur pemulihan bencana. Metode pengembangan yang digunakan adalah Rational Unified Process (RUP). Di fase Inception didapatkan 6 user requirement, 23 kebutuhan fungsional, dan 3 model proses bisnis. Di fase elaboration diperoleh perubahan kebutuhan 8 user requirement, 25 kebutuhan fungsional, 1 kebutuhan non-fungsional dan perancangan arsitektur sistem. Di fase construction dibuat implementasi sistem berdasarkan perancangan, pengujian blackbox pada 51 test case dengan kesimpulan sistem berjalan baik, dan pengujian compatibility dengan hasil sistem dapat berjalan di 6 browser berbeda dengan baik. Terakhir, fase transition dijalankan pengujian user acceptance testing (UAT) pada aktor. Pengujian UAT pada aktor penjaga indekos menghasilkan tingkat penerimaan 95% dan aktor pemilik 88,8% sehingga dapat disimpulkan fungsionalitas sistem disetujui seluruh aktor. Sistem informasi manajemen indekos berbasis web membantu proses penerimaan penghuni, pembayaran bulanan, dan pelaporan keuangan indekos dengan aktor menerima sistem dari segi fungsionalitasnya. 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Arsul, M., Mursityo, Y., & Herlambang, A. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Indekos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Pengembangan Rational Unified Process (RUP). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5953-5961, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5602>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel