Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar dan Motivasi Belajar Yang Akan Berdampak Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Dalam Pembelajaran Produktif Jurusan Multimedia (Studi Kasus: SMK Negeri 11 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fadillah Eka Putri Satrio Hadi Wijoyo Wibisono Sukmo Wardhono

Abstrak

Media pembelajaran selalu digunakan oleh guru untuk menyalurkan materi pembelajaran produktif saat mengajar kelas XI jurusan Multimedia. Namun ditemukan masalah dalam kegiatan pembelajaran terkait dengan minat belajar, motivasi belajar dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar dan motivasi belajar yang akan berdampak terhadap hasil belajar. Untuk pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, kuesioner dan pengumpulan nilai UTS. Sampel pada penelitian ini sebanyak 82 peserta didik. Data diolah menggunakan analisis regresi linier, uji-t dan uji-f dan koefisien determinasi. Dari pengolahan data didapatkan hasil yaitu: Media pembelajaran secara parsial mempengaruhi minat belajar dengan arah pengaruh positif, dibuktikan dari   9,420   1,993 dengan taraf signifikansi 5%; media pembelajaran secara parsial mempengaruhi motivasi belajar dengan arah pengaruh positif, dibuktikan dari  9,012   1,993 dengan taraf signifikansi 5%; minat belajar secara parsial tidak mempengaruhi hasil belajar dengan arah pengaruh negatif, dibuktikan dari  -0,656  1,993  dengan taraf signifikansi 5%; motivasi belajar secara parsial tidak mempengaruhi hasil belajar dengan arah pengaruh positif, dibuktikan dari  0,127  1,993  dengan taraf signifikansi 5%; dan minat belajar dan motivasi belajar secara simultan tidak mempengaruhi hasil belajar, dibuktikan dari   0,775    3,09 dengan taraf signifikansi 5%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Putri, F., Wijoyo, S., & Wardhono, W. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar dan Motivasi Belajar Yang Akan Berdampak Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Dalam Pembelajaran Produktif Jurusan Multimedia (Studi Kasus: SMK Negeri 11 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5981-5986, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5607>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel