Evaluasi Tingkat Maturitas Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Domain Plan And Organise (Studi Kasus Pada Divisi TI PT.PAL Indonesia)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dilla Kusumaningrum Suprapto Suprapto Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

PT.PAL Indonesia merupakan industri maritim nasional. Peran penting dari PT.PAL Indonesia ini akan membawa industri maritim Indonesia kepada pemenuhan pasar maritim secara global. Terdapat Divisi Teknologi Infromasi yang mendukung dalam pemenuhan kebutuhan teknologi informasi (TI) yang ada pada PT.PAL Indonesia. Untuk menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam pengelolaan Teknologi Informasi (TI), maka perlu disusun tata kelola TI (IT Governance) yang menjadi bagian integral dari Enterprise Governance agar dapat menjamin pemanfaatan dari implementasi TI. Divisi Teknologi Informasi memiliki beberapa kekurangan dalam tata kelola teknologi informasi seperti tidak sesuainya pendefinisian tugas dan tanggung jawab setiap staff atau karyawan pada Divisi TI, tidak adanya pendokumentasian beberapa proses tata kelola TI, tidak terintegrasinya beberapa proses tata kelola TI yang ada di perusahaan, tidak maksimalnya penanganan kerusakan infrastruktur, serta tidak adanya evaluasi secara berkala tata kelola TI pada Divisi TI. Oleh karena itu, tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat maturitas tata kelola teknologi informasi di PT.PAL Indonesia dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 yang berfokus pada domain Plan And Organise (PO). Dari hasil penelitian dapat diketahui rata-rata nilai tingkat maturitas dari tiap proses pada domain PO. Tingkat maturitas domain PO sebesar level 3 yaitu  Defined Process (Ditetapkan). Agar dapat meningkatkan tingkat maturitas maka diberikan rekomendasi berupa aktivitas yang harus dijalankan atau sesuatu yang harus dibuat agar dapat diterapkan pada Divisi TI PT.PAL Indonesia sehingga mampu mencapai target yang diharapkan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kusumaningrum, D., Suprapto, S., & Perdanakusuma, A. Evaluasi Tingkat Maturitas Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Domain Plan And Organise (Studi Kasus Pada Divisi TI PT.PAL Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6026-6034, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5622>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel