Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi e-TPT KPP Pratama Malang Utara Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Arief Rino Wahyu Putra Hanifah Muslimah Az-Zahra Satrio Hadi Wijoyo

Abstrak

KPP Pratama Malang Utara mempublikasikan aplikasi e-TPT KPP Pratama Malang Utara untuk meningkatkan kualitas pelayanan kantor terhadap Wajib Pajak. Aplikasi e-TPT dikembangkan untuk mempemudah pelayanan terkait pengambilan nomor antrian, melacak berkas, konsultasi online, dan informasi persyaratan dan permohonan. Namun, aplikasi ini masih terdapat permasalahan terkait usability yang dilaporkan pengguna, seperti tombol simpan pada pengaturan tidak berfungsi, dan konten yang tidak sesuai dengan title menu. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan antarmuka aplikasi e-TPT dengan pendekatan Human-Centered Design (HCD). HCD merupakan pendekatan untuk mengembangkan sistem interaktif yang bertujuan membuat sistem dapat bermanfaat dan berguna dengan memfokuskan pengguna kedalam proses pengembangan. HCD memiliki empat tahapan, tahapan pertama adalah understanding and specifying the context of use, hasil yang didapat adalah karakteristik pengguna berstatus wajib pajak. Tahap kedua specifying the user requirements, dilakukan evaluasi aplikasi dengan metode usability testing yang bertujuan untuk mengetahui permasalahan usability pada aplikasi. Usability testing menggunakan lima aspek dari Nielsen yaitu Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan, Satisfaction. Pada aspek Satisfaction digunakan kuesioner System Usability Scale. Hasil Evaluasi awal aspek learnability mendapatkan 51,25%, aspek efficiency 46,22%, aspek errors 30,08%, aspek memorability pada segi waktu meningkat 45% dan segi jumlah tap 39,2% dari pengujian awal, dan pada aspek satisfaction 40,5%. Evaluasi awal didapatkan 11 permasalahan dari observasi, 14 permasalahan dari wawancara, dan digabungkan mendapatakan 9 permasalahan. Tahap ketiga adalah producing design solutions, hasil tahap ini adalah information architecture, low-fidelity, high-fidelity, dan prototype untuk menyelesaikan masalah pada tahap sebelumnya. Pada tahap terakhir evaluating the design menggunakan usability testing dan kuesioner SUS, dan mendapatkan hasil lebih baik dari desain awal. Hasil aspek learnability mendapatkan 100%, efficiency 100%, errors 0%, memorability dari segi waktu mengalami peningkatan 49.05% dan jumlah tap 20.7%, satisfaction 78%. Perbandingan hasil desain awal dan desain solusi adalah desain solusi lebih memberikan dampak yang baik terhadap aspek usability pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Putra, A., Az-Zahra, H., & Wijoyo, S. Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi e-TPT KPP Pratama Malang Utara Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6052-6061, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5628>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel