Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Pengelolaan Siswa Menggunakan Business Process Improvement (Studi Pada: Lingua Institute)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Devita Widyasari Nanang Yudi Setiawan Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

Lingua Institute merupakan sebuah lembaga penyedia jasa pendidikan dan pelatihan bahasa asing. Pengelolaan Siswa adalah layanan utama yang dilakukan oleh divisi lintas fungsional pada Lingua Institute. Layanan ini adalah layanan yang berfokus pada data siswa sebagai objeknya dan mencakup hal- hal yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, serta penyaluran informasi terkait data siswa. Namun, Lingua Intitute masih mengalami kendala ketika menjalankan proses bisnisnya, seperti belum adanya aturan dan alur proses bisnis yang baku sehingga proses bisnis yang dijalankan kurang efektif dan efisien; pencatatan data dan penyimpanan yang masih manual sehingga rentan akan kehilangan data; serta keterlambatan dalam pembuatan modul pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan analisis dan evaluasi serta perbaikan proses bisnis untuk mengatasi permasalahan tersebut dan memaksimalkan proses bisnis yang berjalan. Pada penelitian ini, pemodelan proses bisnis dilakukan menggunakan Business Process Modelling and Notation (BPMN), lalu analisis dan evaluasi proses bisnis dilakukan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Five Whys Analysis serta perbaikan proses bisnis dengan metode Business Process Improvement (BPI). Setelah itu, dilakukan simulasi proses bisnis pada model proses bisnis saat ini (as-is) dan rekomendasi (to-be) untuk memvalidasi dan menunjukkan efisiensi waktu dari proses bisnis yang direkomedasikan. Pada simulasi proses bisnis Menerima Pembayaran Biaya Cicilan Kursus didapatkan bahwa setiap aktivitasnya adalah valid dan terjadi pengurangan waktu sebesar 1 jam 2 menit 16 detik atau peningkatan efisiensi waktu sebesar 13.93%. Hal ini terjadi karena adanya perbaikan berupa pengubahan beberapa aktivitas, pemanfaatan Sistem Informasi. 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Widyasari, D., Setiawan, N., & Perdanakusuma, A. Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Pengelolaan Siswa Menggunakan Business Process Improvement (Studi Pada: Lingua Institute). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6133-6141, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5632>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel