Evaluasi Maturitas Manajemen Risiko Teknologi Informasi menggunakan Process Assessment Model COBIT 5 (Studi Kasus PT. XYZ Indonesia)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Lintang Dila Mutiara Putri Andi Reza Perdanakusuma Aditya Rachmadi

Abstrak

XYZ Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan industri strategis yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia dan memiliki fokus terhadap penerapan teknologi informasi yang dikelola oleh Divisi Teknologi Informasi. Dalam penerapannya, kemungkinan adanya suatu risiko tidak dapat dihindari sehingga diperlukan adanya manajemen risiko TI serta evaluasi untuk memaksimalkan kinerjanya. Evaluasi manajemen risiko teknologi informasi dilakukan dengan menggunakan Process Assessment Model (PAM) pada kerangka kerja COBIT 5 dengan proses APO12 Manage Risk. Penggunaan kerangka kerja COBIT 5 akan membantu dalam mengukur sejauh mana proses dan kegiatan telah dilaksanakan dengan baik, serta mengetahui tingkat kapabilitas dari proses tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, observasi, dan wawancara validasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil evaluasi berdasarkan tingkat kapabilitas dan menyusun rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi tersebut. Tingkat kapabilitas (kematangan) pada proses APO12 berdasarkan hasil evaluasi adalah pada level 2, yaitu pada Managed Process. Berdasarkan hasil analisis, terdapat 43 rekomendasi yang disusun. Rekomendasi disusun berdasarkan komponen – komponen pada level 1 dan level 2 yang belum terpenuhi. Selain itu, rekomendasi juga dibuat berdasarkan komponen - komponen pada level 3 untuk memenuhi target level. Rekomendasi yang diberikan kepada perusahaan digunakan untuk meningkatkan tingkat kapabilitas manajemen risiko TI yang ada pada Divisi Teknologi Informasi PT. XYZ Indonesia.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Putri, L., Perdanakusuma, A., & Rachmadi, A. Evaluasi Maturitas Manajemen Risiko Teknologi Informasi menggunakan Process Assessment Model COBIT 5 (Studi Kasus PT. XYZ Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6089-6098, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5647>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel