Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus : Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Wibiansya Analis Febrianto Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

Puskesmas Tarik merupakan salah satu puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Dalam melakukan pelayanan rekam medis menggunakan teknologi informasi aplikasi berbasis website yaitu Sistem Informasi Puskesmas Paperless (SIMPLE). Dalam menggunakan aplikasi SIMPLE, pengguna yang merupakan pegawai internal dari Puskesmas Tarik memiliki permasalahan dalam menggunakan aplikasi SIMPLE tersebut. Dari permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tentang analisis pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi SIMPLE. Proses analisis pengalaman pengguna aplikasi SIMPLE dilakukan dengan menggunakan metode usabilitytesting dan userexperiencequestionnaire (UEQ). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu studi literatur, pengumpulan data, pengolahan data, pembahasan, rekomendasi dan penarikan kesimpulan dan saran. Pengujian usabilitytesting dilakukan kepada 3 orang pengguna aplikasi SIMPLE yang menghasilkan nilai yaitu untuk aspek effectiveness didapatkan hasil sebesar 100% yang berarti pengguna dapat menyelesaikan tugas yang diberikan, untuk aspek efficiency didapatkan hasil sebesar 100% yang berarti waktu keseluruhan yang didapatkan dalam menyelesaikan tugas sudah cukup baik dan untuk aspek satisfaction menggunakan kuesioner systemusability scale (SUS) didapatkan hasil sebesar 68,12 yang berarti tingkat kepuasan dari pengguna aplikasi SIMPLE berada pada marginal high. Selanjutnya untuk pengujian pengalaman pengguna dilakukan penyebaran kuesioner UEQ terhadap 25 orang responden dan menghasilkan nilai pada aspek perspicuity, aspek dependability, aspek attractiveness, aspek efficiency, aspek stimulation dan aspek novelty memiliki nilai rata-rata sebesar 1,137 yang berarti pengguna aplikasi SIMPLE cenderung memberikan penilaian kearah positif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Febrianto, W., Putra, W., & Perdanakusuma, A. Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus : Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6099-6106, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5648>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel