Perbandingan Usability Learning Management System Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Heuristic Walkthrough (Studi Kasus: SMKN 11 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sabhian Bagaspati Susilo Satrio Hadi Wijoyo Wibisono Sukmo Wardhono

Abstrak

Penerapan Learning Management System (LMS) pada SMKN 11 Malang banyak ditemui permasalahan pada tampilan yang susah dimengerti, pengguna tidak mengerti fitur dari sistem sehingga muncul masalah pada aspek Usability dan Learnability. Karena pihak guru kesulitan memilih LMS mana yang baik digunakan, peneliti melakukan perbandingan evaluasi pada dua LMS yang digunakan yaitu Edmodo dan Google Classroom menggunakan Heuristic Walkthrough yang merupakan perpaduan dua metode yaitu Heuristic Evaluation pada Usability dan Cognitive Walkthrough pada Learnability. Responden yang terlibat sebanyak empat expert dan lima guru pada setiap LMS. Hasil penelitian menunjukan dari faktor Learnability Edmodo memiliki total 14 permasalahan dan dua 21 untuk Google Classroom. Pada hasil Usability Edmodo memperoleh 23 permasalahan serta memperoleh rata-rata tingkat keparahan 2,5 sedangkan untuk Google Classroom memperoleh 9 masalah serta memiliki rata-rata tingkat keparahan 2,7. Dari hasil tersebut, Edmodo lebih direkomendasikan pada pengguna baru karena unggul dalam aspek Learnability sedangkan Google Classroom direkomendasikan oleh expert karena unggul dalam Usability.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Susilo, S., Wijoyo, S., & Wardhono, W. Perbandingan Usability Learning Management System Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Heuristic Walkthrough (Studi Kasus: SMKN 11 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6165-6170, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5653>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel