Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Layanan Pengaduan Masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Jesy Thesalonica Mononimbar Nanang Yudi Setiawan Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

Berdasarkan Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 22 Tahun 2015 tentang Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat. Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) dibentuk dengan tujuan peningkatan layanan informasi publik Kabupaten Sidoarjo. P3M merupakan bagian dari kegiatan operasional Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. Dalam menjalankan proses bisnis, masih terdapat beberapa potensi kesalahan yang dapat mempengaruhi kinerja proses bisnis sehingga tidak optimal. Waktu pengerjaan yang melebihi Standard Operational Procedure (SOP) yang telah disepakati, hasil tanggapan pengaduan yang kurang jelas dijawab oleh siapa, dan pelapor terlambat mengetahui hasil tanggapan. Oleh karena itu diperlukan analisis dan evaluasi proses bisnis saat ini untuk mengatasi permasalahan serta melakukan perbaikan pada proses bisnis agar lebih optimal. Penelitian ini menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk melakukan analisis permasalahan dan evaluasi proses bisnis serta menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) untuk melakukan perbaikan proses bisnis. Proses bisnis saat ini (as-is) dan rekomendasi (to-be) dimodelkan menggunakan Business Process Modelling and Notation (BPMN) dan dilakukan simulasi. Pada hasil simulasi time analysis proses bisnis penerimaan pengaduan masyarakat saat ini (as-is) dan rekomendasi proses bisnis penerimaan pengaduan masyarakat (to-be) didapatkan peningkatan waktu rata-rata hingga 30.62%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rekomendasi proses bisnis mampu mengoptimalkan kinerja proses bisnis.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Mononimbar, J., Setiawan, N., & Perdanakusuma, A. Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Layanan Pengaduan Masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6125-6132, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5661>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel