Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom Menggunakan Delone and Mclean’s Model (Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Savero Muhammad Syahrizal Yusi Tyroni Mursityo Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

MASH Classroom merupakan teknologi smart classroom yang diimplementasikan FILKOM UB guna menghadirkan media ajar berbasis multimedia. Namun dalam implementasinya terdapat permasalahan terkait kesuksesan implementasi menurut sudut padang mahasiswa FILKOM UB. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi terhadap implementasi MASH Classroom untuk mendapatkan temuan serta rekomendasi untuk meningkatkan tingkat kesuksesan implementasinya. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan enam variabel yang terdapat pada Delone and Mclean’s Model yang meliputi system quality, information quality, service quality, system use, user satisfaction, dan net benefit. Penelitian menggunakan metode kuantitaif dengan metode analisis statistik deskriptif yang melibatkan 105 responden. Data yang didapatkan dari penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online. Hasilnya variabel system quality bernilai 54,33%, information quality bernilai 59,83%, service quality bernilai 70,94%, system use bernilai 60,17% , user satisfaction bernilai 55,50%, dan net benefit bernilai 57,37%. Dari hasil yang didapatkan diperoleh rekomendasi untuk meningkatkan kesuksean dari implementasi sistem MASH Classroom berupa penerapan sistem interaktif yang mampu menunjang kemudahan interaksi selama pelaksanaan pembelajaran pada kelas yang berbeda, pembuatan instructional manual yang memberikan informasi terkait penggunaan sistem, adanya standardisasi serta kustomisasi layanan yang diberikan pada mahasiswa terkait pelakanaan sistem, serta pembuatan rancangan pembelajaran.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Syahrizal, S., Mursityo, Y., & Rokhmawati, R. Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom Menggunakan Delone and Mclean’s Model (Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6181-6190, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5676>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel