Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter UX Honeycomb

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Priska Suseta Retno Indah Rokhmawati Komang Candra Brata

Abstrak

Tapp Market adalah sebuah aplikasi e-commerce berbasis lokasi yang memungkinkan pembelian online dengan uang tunai secara mudah dan terpercaya. Per 10 Januari 2019, aplikasi Tapp Market telah diunduh sebanyak 50.000 kali dan mendapatkan 2.000 ulasan. Namun, aplikasi Tapp Market hanya memperoleh total rating 3,2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan masalah dari setiap aspek yang diteliti, sekaligus memberikan rekomendasi perbaikan. UX Honeycomb digunakan sebagai parameter untuk mengukur pengalaman penggguna dari aplikasi Tapp Market. Aspek yang diteliti adalah aspek credible, valuable, useful, dan usable. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 60 responden, dengan syarat responden merupakan pengguna yang sedang atau masih baru dalam menggunakan aplikasi Tapp Market. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk online dan offline. Data yang didapatkan berupa gabungan dari data kuantitatif dan kualitatif (triangulasi).


Analisis data dilakukan menggunakan rumus statistik deskriptif sederhana untuk mencari nilai rata-rata (mean) dan variasi data (standar deviasi). Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata skor dari aspek credible adalah 64.45% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek valuable adalah 69.27% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek useful adalah 77.19% dengan kategori baik, dan persentase nilai rata-rata skor dari aspek usable adalah 64.93% dengan kategori baik. Berdasarkan Mobile Principles of Retail Apps and Sites, rekomendasi yang diberikan berupa perbaikan pada setiap indikator. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek credible adalah indikator dengan kode CR1, CR2, CR3, dan CR4. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek valuable adalah indikator dengan kode VL1, VL2, dan VL4. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek useful adalah indikator dengan kode UE1 dan UE3. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek usable adalah indikator dengan kode UA2, UA4, dan UA6.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Suseta, P., Rokhmawati, R., & Brata, K. Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter UX Honeycomb. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6191-6199, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5677>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel