Perancangan Antarmuka Aplikasi Penggajian Karyawan CV. Kuranji Karya Mandiri Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Weni Gusti Rahayu Ismiarta Aknuranda Niken Hendrakusma Wardani

Abstrak

CV. Kuranji Karya Mandiri adalah salah satu perusahaan pembuatan dan perdagangan meubel yang ada di Indonesia. CV. Kuranji Karya Mandiri belum pernah menerapkan sistem informasi berbasis komputer dalam melakukan pencatatan data karyawan dan penggajian. Hal ini berpotensi dapat menimbulkan kesalahan informasi karena adanya karyawan yang melakukan kecurangan dalam memberikan informasi kehadiran dan pekerjaan. CV. Kuranji Karya Mandiri membutuhkan sistem informasi yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola data. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini dilakukan perancangan sebuah antarmuka pengguna aplikasi penggajian menggunakan metode human centered design (HCD). HCD merupakan sebuah metode yang melibatkan manusia sebagai pengguna dalam setiap tahapan proses perancangan. Tahapan dalam penelitian ini diantaranya menentukan konteks penggunaan melalui observasi, wawancara dan studi literatur, menentukan persyaratan pengguna melalui proses bisnis dan model use case, menghasilkan solusi desain berupa rancangan prototipe yang sesuai dengan usability guidelines, mengevaluasi desain dengan focus group discussion untuk memastikan kesesuaian kebutuhan pengguna terhadap antarmuka aplikasi serta memperbaiki solusi desain. Hasil dari evaluasi FGD menjadi acuan dalam melakukan perbaikan solusi desain sesuai dengan yang telah disepakati bersama peserta FGD. Perbaikan prototipe menjadi hasil akhir dari penelitian ini dengan tujuan mendemonstrasikan solusi untuk penyampaian informasi penggajian dengan tingkat usabilitas yang sesuai dengan konteks penggunaan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rahayu, W., Aknuranda, I., & Wardani, N. Perancangan Antarmuka Aplikasi Penggajian Karyawan CV. Kuranji Karya Mandiri Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 6210-6219, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5680>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel