Analisis Pengaruh Pemasaran melalui Media Sosial terhadap Loyalitas Merek pada Instagram Tomoo Steak

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rony Adita Muslim Niken Hendrakusma Wardani Satrio Hadi Wijoyo

Abstrak

Saat ini perusahaan bidang kuliner sangat banyak dengan persaingan yang sangat ketat. Fokus dan target pemasaran saat ini telah berubah, yang pada awalnya bagaimana perusahaan mendapatkan konsumen baru, telah berubah menjadi bagaimana perusahaan menjaga agar konsumen tetap setia. Salah satu strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Tomoo Steak merupakan perusahaan dibidang kuliner yang aktif melakukan pemasaran melalui media sosial untuk memperoleh loyalitas merek. Loyalitas merek dipengaruhi secara positif ketika perusahaan melakukan kampanye yang menguntungkan, popularitas konten, relevansi konten, dan kekinian konten pada media sosial (Erdogmus & Cicek, 2012). Penelitian ini melakukan pengujian terkait hubungan antara pemasaran media sosial dengan loyalitas merek menggunakan analisis regresi linier berganda. Responden dari penelitian ini adalah followers akun Instagram Tomoo Steak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari uji t menunjukkan kampanye yang menguntungkan, popularitas konten, relevansi konten, dan kekinian konten memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Dan hasil uji f menunjukkan variabel independent berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap loyalitas merek. Variabel independent yang digunakan pada penelitian ini berkontribusi sebesar 52,2% terhadap loyalitas merek Tomoo Steak. Variabel relevant content menjadi variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap loyalitas merek. Hal ini karena akun Instagram Tomoo Steak menyajikan konten yang dapat menarik minat konsumen untuk berinteraksi dengan perusahaan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Muslim, R., Wardani, N., & Wijoyo, S. Analisis Pengaruh Pemasaran melalui Media Sosial terhadap Loyalitas Merek pada Instagram Tomoo Steak. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7515-7523, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5879>. Tanggal Akses: 17 agu. 2019
Bagian
Artikel