Perancangan User Experience Situs Web Tanoto Scholars Association Brawijaya Malang menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Stefanus Anugrah Pribadi Retno Indah Rokhmawati Komang Candra Brata

Abstrak

Tanoto Scholars Association di Universitas Brawijaya, menginginkan perancangan antarmuka situs web yang baik dan mudah digunakan oleh pengguna dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait program beasiswa. Selama ini banyak pengguna yang kesulitan dalam menggunakan situs web Tanoto Foundation pusat karena penyusunan struktur informasi dan tampilan yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan situs web TSA UB menggunakan metode Goal-Directed Design (GDD) yang terdiri dari 6 fase. Fase research, mendapatkan kebutuhan dan kondisi yang diinginkan oleh stakeholder dan pengguna dengan hasil statement of work. Fase modelling, menghasilkan persona yang menggambarkan pengguna dengan isi 7 variabel serta retrospective dan prospective user journey. Fase requirement, menghasilkan konteks skenario dan memetakan kebutuhan situs web dan lingkunganya. Fase framework, menghasilkan kerangka antarmuka web berupa wireframe. Fase refinement menyempurnakan kerangka antarmuka dengan bentuk prototipe hi-fi. Fase support, melakukan pengujian kualitatif dan kuantitatif dengan teknik user testing terhadap 6 orang responden dan dengan teknik kuesioner SUPR-Q terhadap 20 orang responden yang dianalisis berdasarkan ukuran usability scale. Hasil kuesioner SUPR-Q memberikan aspek penilaian usability, credibility, appearance dan loyalty dengan keseluruhan aspek bernilai 75,81% (kategori C) yakni bernilai baik dan acceptable sehingga dapat dikatakan bahwa situs web yang dikembangkan secara keseluruhan dapat diterima oleh responden.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Pribadi, S., Rokhmawati, R., & Brata, K. Perancangan User Experience Situs Web Tanoto Scholars Association Brawijaya Malang menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7583-7593, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5919>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel