Pengembangan Aplikasi Navigasi menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Perangkat Smartphone berbasis Android (Studi Kasus: Jawa Timur Park 1 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Erika Ramadhanty Herman Tolle Komang Candra Brata

Abstrak

Jawa Timur Park 1 merupakan salah satu objek wisata yang terletak di kota wisata Batu dengan area seluas 8 hektar. Bagi beberapa orang yang baru mengunjungi Jawa Timur Park 1, sebagian besar akan mengalami kesulitan dalam mencari lokasi dari tempat yang ingin dituju di Jawa Timur Park 1 baik berupa wahana maupun fasilitas umum. Saat ini, terdapat solusi dari permasalahan tersebut yaitu disebarkannya peta Jawa Timur Park 1 pada beberapa lokasi di kawasan Jawa Timur Park 1. Namun, penggunaan peta konvensional dinilai rentan menimbulkan kesalahan dalam membaca petunjuk arah. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dikembangkan aplikasi navigasi yang mampu mengatasi permasalahan tersebut sehingga pengguna dapat berpergian dari satu tempat ke tempat yang lain dengan lebih efisien. Aplikasi ini akan menerapkan teknologi augmented reality dengan bantuan ARCore SDK agar memudahkan pengguna dalam memahami petunjuk arah yang diberikan dan dapat memberikan pengalaman yang berbeda dalam bernavigasi. Hasil pengujian validasi dengan menggunakan metode black box menghasilkan nilai kesesuaian sebesar 100% yang dapat diartikan bahwa seluruh fungsi dalam aplikasi dapat berjalan sesuai harapan. Lalu penggunaan aplikasi dinilai mampu meningkatkan tingkat efisiensi dalam hal waktu bernavigasi sebesar 44,6%. Sedangkan pada pengujian usabilitas terkait tingkat kepuasan pengguna, aplikasi mendapatkan nilai sebesar 79,69 yang memiliki arti bahwa aplikasi mampu memberikan tingkat kepuasan yang baik kepada pengguna dalam hal penggunaan aplikasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ramadhanty, E., Tolle, H., & Brata, K. Pengembangan Aplikasi Navigasi menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Perangkat Smartphone berbasis Android (Studi Kasus: Jawa Timur Park 1 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7594-7602, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5920>. Tanggal Akses: 17 agu. 2019
Bagian
Artikel