Analisis Kinerja Sistem Informasi Data Korporasi Jasa Raharja (DASI-JR) dengan menggunakan Metode PIECES

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ni Made Dewi Widiastuti Satrio Hadi Wijoyo Adam Hendra Brata

Abstrak

Data Koporasi Jasa Raharja (DASI-JR) merupakan sistem informasi yang digunakan untuk membantu mengelola data-data pelayanan dan keuangan pada PT. Jasa Raharja (Persero). Sistem ini berbasis aplikasi database yang mengintegrasikan data-data. Penerapan pada Perwakilan Kediri, memberikan kemudahan dalam pembayaran santunan kecelakaan lalu lintas sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam pencairan dana santunan kecelakaan. Permasalahan setalah diberlakukan DASI-JR adalah (1) Jika server down pelayanan akan berhenti; (2) Karena pelayanan berhenti, proses input data akan mengulang dari awal; (3) Pada beberapa proses masih bersifat manual seperti data laka atau data kecelakaan polisi; (4) Karena data laka bersifat manual, beberapa proses pelayanan tidak berjalan (5) Proses pelayanan yang tidak berjalan menyebabkan penurunan kinerja proses operasional; (6) Penggunaan username secara bersamaan menyebabkan kesalahan input data. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini analisis kinerja sistem informasi DASI-JR menggunakan metode analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Eficiency dan Sevice) pada Sistem Informasi Data Korporasi Jasa Raharja (DASI-JR). Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan karakteristik populasi dalam penelitian ini sebanyak 22 responden kemudian dilakukan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis PIECES menunjukan bahwa hasil mean keseluruhan sebesar 3.92. Pada varibel performance mean sebesar 4.01, berada diatas nilai mean keseluruhan. Pada variabel information mean sebesar 4.11, berada diatas nilai mean keseluruhan. Pada variabel economic mean sebesar 3.78, berada dibawah nilai mean keseluruhan. Pada variabel control mean sebesar 3.88, berada dibawah nilai mean keseluruhan. Pada variabel efficiency mean sebesar 3.94, berada diatas nilai mean keseluruhan. Pada variabel service mean sebesar 3.75, berada dibawah nilai mean keseluruhan. Dapat disimpulkan variabel economic, control dan service menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan, jika dilihat dari mean keseluruhan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Widiastuti, N., Wijoyo, S., & Brata, A. Analisis Kinerja Sistem Informasi Data Korporasi Jasa Raharja (DASI-JR) dengan menggunakan Metode PIECES. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7752-7758, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5939>. Tanggal Akses: 17 agu. 2019
Bagian
Artikel