Evaluasi Kapabilitas Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Capability Maturity Model Integration – Dev 1.3 (Studi Pada CV. Profile Image Studio)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Windi Prasetyo Aditya Rachmadi Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

Profile Image Studio merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan website, mobile application, digital bussines, dan online campaign. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat mendukung proses bisnis pelanggan yang berjalan. Produk tersebut juga diharapkan dapat dikerjakan sesuai waktu dan biaya yang telah ditetapkan. Namun dalam pengerjaan terdapat beberapa permasalahan antara lain, terjadinya perubahan kebutuhan dan terdapatnya kecacatan produk setelah di berikan ke pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kapabilitas pada proses pembuatan produk di CV.Profile Image Studio menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI) Development 1.3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui proses wawancara dan penelusuran dokumen. Tahapan penelitian menggunakan Standard CMMI Appraisal Method for Process Improvement (SCAMPI) kelas C. Penilaian tingkat kapabilitas dilakukan pada enam proses area yang terdapat pada product roadmap CMMI. Keenam proses area tersebut antara lain requirements development, requirements management, technical solution, process and product quality assurance, configuration management dan verification. Berdasarkan hasil penilaian, ditemukan bahwa hanya proses area technical solution berada pada tingkat satu/performed, sedangkan ke lima proses area lain berada pada tingkat nol/incomplete. Dari hasil penilaian tersebut kemudian dilakukan analisis yang berisi solusi bagi perusahaan untuk meningkatkan tingkat kapabilitas tiap proses area.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Prasetyo, W., Rachmadi, A., & Perdanakusuma, A. Evaluasi Kapabilitas Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Capability Maturity Model Integration – Dev 1.3 (Studi Pada CV. Profile Image Studio). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7319-7327, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5945>. Tanggal Akses: 18 agu. 2019
Bagian
Artikel