Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Bojonegoro Menggunakan Framework COBIT 4.1 Fokus Domain Plan and Organise (PO) dan Acquire and Implement (AI)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sandy Rastra Sewakottama Yusi Tyroni Mursityo Aditya Rachmadi

Abstrak

Dinkominfo Kabupaten Bojonegoro merupakan OPD yang bergerak pada bidang teknologi informasi. Terdapat dua bidang yang bergerak pada bidang TI yaitu Bidang Layanan E-Government dan Bidang Teknologi Informasi Komunikasi. Teknologi Informasi dimanfaatkan oleh organisasi agar mendapatkan manfaat dari tata kelola TI yang baik, agar penggunaan TI sampai implementasi TI pada Dinkominfo tersebut berjalan selaras dengan visi, misi, tujuan dan proses bisnis. Berdasarkan dari wawancara, Dinkominfo Kabupaten Bojonegoro mempunyai beberapa permasalahan-permasalahan, seperti pada investasi TI yang dijalankan belum sesuai dengan manfaat yang diperoleh serta pada pemeliharaan aplikasi dan operasional serta penggunaan TI belum mempunyai perencanaan yang spesifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola TI di Dinkominfo Kabupaten Bojonegoro menggunakan COBIT 4.1 domain PO (Plan and Organise) dan AI (Acquire and Implement). Hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui rata-rata nilai Maturity Level pada tiap domain, pada proses domain PO sebesar 1,60 dan pada proses domain AI sebesar 1,28. Diberikan beberapa rekomendasi yang dapat menambah nilai maturity level dari maturity level saat ini dengan maturity level yang diharapkan. Contoh rekomendasi yang dihasilkan seperti mendefinisikan serta mendokumentasi terkait pengelolaan resiko pada saat pengimplementasian TI dan mengadakan pelatihan sumber daya TI pada Dinkominfo Kabupaten Bojonegoro.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sewakottama, S., Mursityo, Y., & Rachmadi, A. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Bojonegoro Menggunakan Framework COBIT 4.1 Fokus Domain Plan and Organise (PO) dan Acquire and Implement (AI). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7345-7352, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5949>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel