Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Materi Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK Negeri 8 Malang Menggunakan Model APPED

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Samsul Arifin Hanifah Muslimah Az-Zahra Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) kelas X SMK Negeri 8 Malang terlihat bahwa proses pembelajaran masih konvensional sehingga siswa kurang dapat memahami materi pemrograman dasar, siswa kesulitan belajar mandiri dikarenakan tidak mempunyai sumber belajar. Sehingga perlu dilakukakan penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK Negeri 8 MALANG Menggunakan Model APPED. Penelitian model APPED memiliki 5 langkah yaitu analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi dan desiminasi. Hasil ongoing evaluation dengan tiga kriteria aspek mendapatkan hasil valid. Pada tahap alpha testing yang dilakukan validator materi didapatkan nilai 70,00 dalam kategori “baik”, nilai 72,00 dalam kategori “baik” oleh validator media, dan nilai 92,00 dalam kategori “sangat baik” oleh validator intruksional. Hasil beta testing yang dilakukan terhadap 3 siswa berdasarkan tingkat kemampuan siswa pada pretest rata-rata yang didapatkan sebesar 70%, sedangkan hasil posttest rata-rata yang didapatkan sebesar 86,6% sehingga terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil uji normalitas data berdistrubusi normal dengan sig > 0,05. Hasil standart deviasi sebesar 9,21, hasil signifikasi sebesar 0,00, maka disimpulkan pada taraf sig terdapat perbedaan. Berdasarkan hasil uji coba beda yang dilakukan, maka media pembelajaran interaktif sudah dapat disebarluaskan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Arifin, S., Az-Zahra, H., & Herlambang, A. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Materi Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK Negeri 8 Malang Menggunakan Model APPED. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7361-7367, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5953>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel