Analisis Proses Bisnis Gedung Yudhistira Manufacturing Area 1 PT Tirta Nvestama (AQUA) Pandaan Dengan Menggunakan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Aulia Aprilliana Yusi Tyroni Mursityo Aditya Rachmadi

Abstrak

PT Tirta Investama (AQUA) Pandaan memiliki beberapa permasalahan dalam proses produksi yang terjadi pada tahun 2017 dan 2018. Terdapat 4 permasalahan pada tahun 2017 yang disebabkan adanya kelalaian kerja yang dilakukan oleh karyawan, dan 1 permasalahan yang disebakan karena pekerjaan tidak dilakukan sesuai standar yang telah ditetapkan. Pada tahun 2018 terdapat 3 permasalahan yang disebabkan oleh kelalaian manusia. Setiap permasalahan yang terjadi di inputkan ke dalam sistem Behaviour Safety Analysis (BSA). Langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memodelkan proses bisnis yang ada dengan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Selanjutnya setiap aktivitas yang terdapat dalam proses bisnis  dianalisis dengan  menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) sehingga permasalahan pada setiap aktivitas dapat dianalisis secara mendalam. Setelah diperoleh hasil analisis menggunakan FMEA, selanjutnya mencari akar permasalahan dari setiap aktivitas dengan menggunakan  Root Cause Analysis (RCA). Penggunaan RCA diharapkan dapat membantu perusahaan dalam melakukan perbaikan proses produksi sehingga dapat mengurangi permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan nya faktor utama penyebab terjadi nya permasalahan saat proses produksi yaitu kelalaian pekerja yang tidak mematuhi peraturan. Karena hal tersebut merupakan faktor utama penyebab permasalahan, maka diberikan rekomendasi penambahan fitur pada sistem Behaviour Safety Analysis (BSA). Fitur yang ditambahkan adalah fitur Person Involved, fitur jumlah kelalaian, serta fitur kategori penyebab. Sehingga perusahaan mudah dalam melakukan evaluasi lebih lanjut pada setiap permasalahan yang terjadi serta mempermudah mengetahui karyawan yang sering melakukan kesalahan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Aprilliana, A., Mursityo, Y., & Rachmadi, A. Analisis Proses Bisnis Gedung Yudhistira Manufacturing Area 1 PT Tirta Nvestama (AQUA) Pandaan Dengan Menggunakan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7375-7381, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5956>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel