Evaluasi Kualitas Layanan APEKESAH Versi 3 Menggunakan Metode e-Govqual dan Importance Perfromance Analysis (IPA) (Studi Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batam)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dandy Eko Purwanto Andi Reza Perdanakusuma Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra

Abstrak

E-Government ialah pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang pemerintahan. Kebijakan penggunaan e-Government tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional dalam pengembangan e-Government. Pemanfaatan TIK dalam proses pemerintahan (e-Government) sendiri akan dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam menerapkan konsep e-Government dengan membangun layanan pengaduan masyarakat secara online yang bernama APEKESAH. Hingga saat ini, ditemukan beberapa permasalahan pada layanan seperti : (1) 43,75% pengguna mengalami permasalahan pada fitur yang ada pada layanan APEKESAH; (2) 87,5% pengguna mengalami permasalahan pada tampilan dari website APEKESAH, dan (3) 62,5% pengguna mengalami permasalahan pada janji layanan yang tidak terpenuhi. Untuk mengetahui kualitas dari suatu layanan e-Government maka dapat dipilih suatu model evaluasi kualitas layanan digital yang spesifik untuk domain e-Govenrment yang di sebut e-Govqual serta untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja beserta ekspetasi masyarakat digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil penelitian, terdapat 4 atribut dari e-Govqual yang berada pada Kuadran A IPA yang menyatakan bahwa terdapat 4 atribut yang memiliki ekspetasi tinggi namun perfromanya rendah. Oleh karena itu, dibuatlah suatu rekomendasi untuk memperbaiki atribut-atribut tadi sehingga diharapkan layanan APEKESAH dapat memenuhi ekspetasi penggunanya

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Purwanto, D., Perdanakusuma, A., & Putra, W. Evaluasi Kualitas Layanan APEKESAH Versi 3 Menggunakan Metode e-Govqual dan Importance Perfromance Analysis (IPA) (Studi Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batam). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7450-7457, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6031>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel