Evaluasi Perbandingan Ranking Antara Proposed Value dan Perceived Value Terhadap Crowdfunding Berdasarkan Model UXHoneycomb

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Rizal Ramdhani Hanifah Muslimah Az-Zahra Satrio Hadi Wijoyo

Abstrak

Crowdfunding adalah teknik pendanaan untuk proyek atau unit usaha yang melibatkan masyarakat secara luas. Konsep crowdfunding pertama kali dicetuskan di Amerika Serikat pada tahun 2003 dengan diluncurkannya sebuah situs bernama Artistshare. Di Indonesia, Crowdfunding masih belum terlalu populer, namun memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi instrumen pengumpulan dana investasi. Aplikasi crowdfunding yang ada di Indonesia yang dijadikan penelitian yaitu Kitabisa, Tunaikita dan Akseleran. Masing-masing menawarkan value produk untuk membuat pengguna tertarik mengakses aplikasi crowdfunding tersebut. Pada penelitian ini dipelajari user experience dari aplikasi crowdfunding yang digunakan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi value dari ketiga aplikasi crowdfunding yang ada di Indonesia. Evaluasi value ketiga aplikasi Crowdfunding, peneliti menggunakan metode UX Honeycomb yang dapat menjelaskan kualitas pengalaman pengguna, dengan tujuh segi value didalamnya yaitu accessible, findable, desirable, credible, usable, useful dan valueable. Dari ketujuh value pada UX Honeycomb didapat perbandingan rangking proposed value dan perceived value. Hasil perbandingan proposed value dan perceived value pada Kitabisa memiliki nilai berbeda pada value accessible dan useful. Tunaikita memiliki nilai berbeda pada value accessible, credible, useful dan useable. Akseleran memiliki nilai berbeda pada value desireable, useable dan valuable.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ramdhani, M., Az-Zahra, H., & Wijoyo, S. Evaluasi Perbandingan Ranking Antara Proposed Value dan Perceived Value Terhadap Crowdfunding Berdasarkan Model UXHoneycomb. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7458-7466, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6033>. Tanggal Akses: 18 agu. 2019
Bagian
Artikel