Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile Fasilitas Tanggap Bencana Dengan Pendekatan Metode Human-Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Anderson Manurung Herman Tolle Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Bencana alam merupakan kondisi aktivitas alami yang dapat menyebabkan kerusakan, dan gangguan psikologis bagi manusia. Bencana alam dapat terjadi karena alam itu sendiri atau aktivitas manusia. Masalah yang sering muncul selama proses evakuasi bencana alam adalah distribusi bantuan yang tidak merata, baik dalam bentuk logistik serta sulitnya menentukan lokasi fasilitas tanggap bencana untuk menyimpan persediaan darurat sangat penting untuk kualitas fasilitas layanan yang diberikan setelah keadaan darurat besar, seperti banjir dan tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bagaimana pengguna bisa mendapatkan pengalaman pengguna yang dapat digunakan sesuai kebutuhan didalam menggunakan aplikasi informasi dari pusat tanggap darurat, Untuk menghasilkan aplikasi yang baik perlu dilakukan berbagai perancangan.  Pendekatan yang digunakan adalah Human-centered Design (HCD). Setelah mendapatkan daftar kebutuhan dan tugas pengguna, perancangan solusi dalam bentuk wireframe, information architecture dan screenflow sebagi jalannya alur aplikasi pengguna dari desain solusi dibuat menggunakan cognitive walkthrough dengan pengguna. Ini menghasilkan beberapa hasil yang bermasalah, hasilnya dikoreksi dan dievaluasi kembali sesuai dengan metode yang sama dan merujuk pada 4 (empat) pertanyaan cognitive walkthrough dan hasil dari penelitian ini adalah kesesuaian perancangan user experience dengan menggunakan HCD dan evaluasi usability menggunakan cognitive walkthrough with users menghasilkan 91% peningkatan pada usability dan user experience, setelah dilakukan evaluasi kembali.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Manurung, A., Tolle, H., & Akbar, M. Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile Fasilitas Tanggap Bencana Dengan Pendekatan Metode Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7483-7491, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6039>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel