Estimasi Biaya Pembangunan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Use Case Point (Studi Kasus CV. Utomo Sakti (Cloud Astro Technology) )

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Budi Wasono Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Aditya Rachmadi

Abstrak

CV. Utomo Sakti (Cloud Astro) merupakan sebuah perusahaan pengembanagan perangkat lunak. Dalam melaksanakan proyeknya CV. Utomo Sakti (Cloud Astro) belum mempunyai sebuah metode estimasi biaya dan waktu pengerjaan yang ilmiah, jadi masih menggunakan metode perkiraan dan pengalaman. Penelitian ini menggunakan 4 proyek dari CV. Utomo Sakti (Cloud Astro) pada tahun 2018 untuk dijadikan objeknya yaitu 2 projek berjenis website profil/portal, dan 2 proyek berjenis sistem informasi manajemen. Dari hasil perhitungan estimasi biaya dan waktu menggunakan metode Use case point, lalu dibandingkan dengan hasil estimasi biaya dan waktu dari CV. Utomo Sakti (Cloud Astro) untuk menemukan rata-rata nilai Percent Error. Untuk durasi pengerjaan menghasilkan nilai 50,06% lebih lama untuk website, dan 43,11% lebih cepat untuk sistem informasi manajemen. Lalu untuk biaya proyek 18,33% lebih mahal untuk website, dan 33,33% lebih mahal untuk sistem informasi manajemen. Setelah itu dilakukan penjadwalan proyek yang digambarkan dengan Gantt chart dengan berdasar pada Work Breakdown Structure. Hasil dari penelitian ini nantinya dapat menjadi pertimbangan bagi CV. Utomo Sakti (Cloud Astro) dalam melakukan estimasi waktu biaya proyek perangkat lunak.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Wasono, B., Putra, W., & Rachmadi, A. Estimasi Biaya Pembangunan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Use Case Point (Studi Kasus CV. Utomo Sakti (Cloud Astro Technology) ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7673-7680, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6042>. Tanggal Akses: 17 agu. 2019
Bagian
Artikel