Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus: PT. XYZ)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fifi Syammariah Bawardi Aditya Rachmadi Niken Hendrakusma Wardani

Abstrak

Bagi perekonomian Indonesia dampak yang cukup besar dirasakan dengan adanya perkembangan transportasi berbasis aplikasi atau online. Salah satu layanan transportasi online yang sedang berkembang adalah PT. XYZ. PT. XYZ sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 2011, tetapi layanan transportasi online ini melambung sejak peresmian aplikasi tersebut diponsel iOS dan Android pada tahun 2015. Masalah-masalah yang menjadi kendala Driver PT. XYZ juga sering terjadi pada beberapa pengguna aplikasi PT. XYZ. Aplikasi tersebut membutuhkan adanya pengukuran tingkat kepuasan pengguna akhir, dengan demikian dapat diketahui kondisi dari kepuasan pengguna aplikasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi kepuasan pengguna akhir terhadap aplikasi driver ojek online pada PT. XYZ dengan menggunakan metode EUCS. Metode ini mengukur kepuasan dengan membandingkan antara penilaian user dengan sistem yang telah ada. Metode ini digunakan karena sesuai dengan permasalahan yang terdapat pada pengguna akhir aplikasi Driver PT. XYZ untuk membuat tolak ukur pada dimensi yang ada dalam metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Dimensi yang yang digunakan ialah content (isi), accuracy (ketepatan), format (bentuk), ease of use (mudah digunakan) dan timeliness (ketepatan waktu). Dari hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan metode EUCS terhadap pengguna aplikasi driver ojek online PT. XYZ didapatkan dua variable EUCS yang memerlukan rekomendasi pernbaikan yaitu variable accuracy dan timeliness.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Bawardi, F., Rachmadi, A., & Wardani, N. Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7694-7700, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6048>. Tanggal Akses: 18 agu. 2019
Bagian
Artikel