Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Irfanda Mahardhika Hidayat Kusumawardhana Niken Hendrakusma Wardani Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

Dalam dunia perbankan yang semakin kompetitif, Bank Negara Indonesia (BNI) berusaha memberikan beberapa layanan yang dapat menunjang kebutuhan nasabahnya, salah satunya BNI Mobile Banking. BNI Mobile Banking memberikan layanan kemudahan untuk melakukan beberapa transaksi melalui smartphone. Namun, terdapat permasalahan usability yang ditemukan melalui observasi dan wawancara diantaranya kesulitan untuk mencari bukti transaksi, tidak terdapatnya tanda titik pada saat memasukan nominal dan beberapa menu layanan dianggap tidak sesuai dengan pengelompokan jenis layanannya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian dengan tiga tahapan yaitu tahap pertama melakukan pengujian awal untuk mengukur metrik learnability, efficiency, error dan satisfaction yang diperoleh dengan menggunakan metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS), tahap kedua memberikan rekomendasi perbaikan yang didasarkan pada hasil wawancara serta mengikuti guidelines Google Material Design, tahap ketiga melakukan pengujian terhadap rekomendasi perbaikan yang telah dibuat serta membandingkan hasil pengukuran metrik usability dengan hasil pengukuran metrik usability pada pengujian awal. Rekomendasi perbaikan aplikasi yang diberikan dapat memberikan peningkatan pada metrik learnability dari 68% menjadi 88%, peningkatan pada metrik efficiency dari 0,01 goals/sec menjadi 0,05 goals/sec, penurunan pada metrik error dari 30% menjadi 5% dan peningkatan pada metrik satisfaction dari 62,67 menjadi 74,25.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kusumawardhana, I., Wardani, N., & Perdanakusuma, A. Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7708-7716, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6052>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel