Pengembangan Sistem Manajemen Lembar Kerja Anggaran Investasi Program Rencana Kerja Rekonfigurasi Jaringan Tegangan Menengah Berbasis Web (Studi Kasus PT PLN UP3 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Maurendra Retawan Waluyo Tri Astoto Kurniawan

Abstrak

Program Rencana Kerja Rekonfigurasi Jaringan Tegangan Menengah merupakan salah satu program rencana kerja dari lembar kerja anggaran investasi. Program rencana kerja ini digunakan untuk menata ulang jaringan tegangan menengah dengan cara membagi beban suatu penyulang dengan penyulang lain. Pendokumentasian usulan program rencana kerja ini masih menggunakan beberapa dokumen yang terpisah. Hal ini tidak efektif karena mengakibatkan penumpukan data usulan yang sama apabila terdapat revisi usulan. Perubahan harga konstruksi juga menyebabkan perubahan pada data usulan, sehingga perlu dilakukan perubahan secara manual pada setiap data usulan yang ada. Hal ini akan memakan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Unit Layanan Pelanggan (ULP) saat ini juga tidak bisa mengetahui sejauh mana progress usulan yang telah diajukan. Sistem lembar kerja anggaran investasi program rencana kerja rekonfigurasi jaringan tegangan menengah dikembangkan untuk mengatasi masalah – masalah tersebut. Pengembangan sistem dilakukan dengan berbasis web. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Waterfall dan menggunakan pendekatan berorientasi objek. Sistem ini diuji dengan beberapa strategi pengujian, yaitu pengujian unit, pengujian integrasi dan pengujian validasi. Pengujian unit dan integrasi dilakukan dengan teknik pengujian white-box, sedangkan pengujian validasi dilakukan dengan teknik pengujian black-box.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Waluyo, M., & Kurniawan, T. Pengembangan Sistem Manajemen Lembar Kerja Anggaran Investasi Program Rencana Kerja Rekonfigurasi Jaringan Tegangan Menengah Berbasis Web (Studi Kasus PT PLN UP3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7717-7724, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6053>. Tanggal Akses: 18 agu. 2019
Bagian
Artikel