Pengembangan Sistem Pengelolaan Lembar Kerja Anggaran Investasi pada Program Rencana Kerja Trafo Sisipan dan Jaringan Penunjang PLN Berbasis Web (Studi Kasus PT PLN (Persero) UP3 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tri Purwanti Tri Astoto Kurniawan

Abstrak

Lembar Kerja Anggaran Investasi (LKAI) Program Rencana Kerja (PRK) Trafo Sisipan dan Jaringan Penunjang merupakan usulan pekerjaan investasi untuk mengusulkan trafo sisipan dan jaringan penunjang pada PT PLN (Persero) UP3 Malang. PT PLN (Persero) UP3 Malang melakukan pengelolaan data usulan LKAI PRK Trafo Sisipan dan Jaringan penunjang secara manual menggunakan Microsoft Office Excel dengan data pendukung yang terpisah. Hal tersebut dapat membuat data usulan menumpuk setelah diperiksa kemudian direvisi, kesulitan dalam mengubah harga konstruksi yang mengalami perubahan yang tidak menentu. Selain itu, Unit Layanan Pelanggan (ULP) tidak bisa selalu mengetahui sampai dimana kemajuan usulan yang telah diajukan. Sistem pengelolaan LKAI pada PRK Trafo Sisipan dan Jaringan Penunjang dikembangkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang telah dijelaskan.  Sistem pengelolaan LKAI pada PRK Trafo Sisipan dan Jaringan Penunjang dikembangkan berbasis web dengan menggunakan model pengembangan perangkat lunak Waterfall. Sistem ini diharapkan dapat membantu PT PLN (Persero) UP3 Malang dalam pengelolaan data usulan LKAI PRK Trafo Sisipan dan Jaringan penunjang. Sistem ini telah diuji menggunakan teknik white-box testing pada pengujian unit dan pengujian integrasi dan teknik black-box testing pada pengujian validasi. Pengujian unit dan integrasi dilakukan pada 3 method sebagai sampel pengujian serta pengujian validasi dilakukan pada 54 kebutuhan fungsional yang memberikan hasil valid. 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Purwanti, T., & Kurniawan, T. Pengembangan Sistem Pengelolaan Lembar Kerja Anggaran Investasi pada Program Rencana Kerja Trafo Sisipan dan Jaringan Penunjang PLN Berbasis Web (Studi Kasus PT PLN (Persero) UP3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7725-7732, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6055>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel