Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus: Bali Kencana Bakery)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Wira Kumara Aditya Rachmadi Nanang Yudi Setiawan

Abstrak

Bali Kencana Bakery adalah perusahaan manufaktur khususnya dalam produksi roti, produk yang dihasilkan berupa roti yang biasa ditemui di kantin, mini market, dan beberapa supermarket di seputar Kota Denpasar. Sebagai perusahaan manufaktur proses utama dari perusahaan ini adalah produksi, selain proses produksi banyak juga terdapat proses pendukung lain seperti pengadaan bahan baku, penerimaan pesanan dan komplain, pengemasan dan lain sebagiannya. Namun dalam kenyataannya tidak semua proses yang ada berjalan sesuai yang diharapkan, ada beberapa permasalahan yang mengakibatkan kerugian finansial, jam kerja yang berlebihan dan permasalahan lain yang menghambat perusahaan mencapai targetnya. Berdasarkan masalah-masalah tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pada aktivitas mana yang menjadi penyebabnya, Dimulai dengan memetakan fungsi bisnis utama dan pendukung menggunakan Value Chain Analysis setelah itu fungsi bisnis yang perlu dievaluasi akan dimodelkan menjadi proses bisnis dengan Business Process Modelling Notation (BPMN). Penelitian ini menggunakan Quality Evaluation Framework  (QEF) untuk mengetahui ketidaksesuaian (gap) dari hasil kalkulasi dan keadaan sebenarnya dengan target yang ditetapkan. Setelah ditemukan Quality Factor mana saja yang tidak sesuai, Faktor tersebut akan dicari akar permasalahannya menggunakan Root Cause Analysis. Hasil dari penggunaan RCA diharapkan dapat membantu perusahaan dalam melakukan perbaikan guna mengurangi kerugian dan jam kerja tenaga kerja. Dari penelitian ini ditemukan lima (5) kode quality factor yang bermasalah.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kumara, W., Rachmadi, A., & Setiawan, N. Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus: Bali Kencana Bakery). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7779-7785, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6056>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel