Penerapan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Meramalkan Kapasitas Layanan Pada Jasa Perawatan Sepatu (Studi Kasus Sepatu Bersih)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sandy Ikhsan Armita Nurul Hidayat Ratih Kartika Dewi

Abstrak

Jasa perawatan sepatu merupakan bentuk pengembangan dari usaha jenis laundry konvensional dengan teknis yang lebih spesifik. Bentuk usaha ini tergolong baru karena sebelumnya orang hanya merawat sepatu dengan alakadarnya seperti hanya sebatas dicuci. Sebenarnya potensi pasar untuk jenis usaha ini sangatlah menjanjikan mengingat sepatu merupakan hal umum yang digunakan sehari-hari untuk beraktifitas dan menunjang penampilan. Jenis usaha ini mulai muncul diawal tahun 2009 dan hanya melalui media online seperti kaskus, hingga pada awal tahun 2012 jenis usaha ini mulai menjamur seiring dengan pasar yang semakin paham jika merawat sepatu perlu peralatan dan bahan khusus. Lambat lahun karena semakin meningkatnya permintaan maka muncul persaingan antar penyedia jasa ini, banyak usaha yang akhirnya harus bangkrut dan tutup karena gagal melakukan strategi-strategi bisnis, salah satunya adalah meramalkan pemasukan jasa. Dari masalah tersebut, ada sebuah metode yang dapat diimplementasikan dalam penyelesaian permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan. Dengan memperhitungkan proses dari backpropragation pada prosesnya dan menghasilkan nilai MSE terendah yaitu 0,01616 untuk menentukan keakuratan dari prediksi yang dihasilkan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Armita, S., Hidayat, N., & Dewi, R. Penerapan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Meramalkan Kapasitas Layanan Pada Jasa Perawatan Sepatu (Studi Kasus Sepatu Bersih). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7786-7790, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6057>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel