Analisis Usability dan Rekomendasi Tampilan pada Game Mobile dengan Kategori Third Person Shooter Menggunakan Metode Heuristic Evaluation (Studi Kasus Game Mobile Rules Of Survival)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Jauhari Jawara Perkasa Komang Candra Brata Eriq Muh. Adams Jonemaro

Abstrak

Third person shooter adalah salah satu dari banyak genre game yang sangat digemari pada saat ini. Third person shooter merupakan genre game yang sangat cocok untuk dimainkan pada Personal Computer. Hal tersebut dikarenakan adanya dukungan dari alat penunjang seperti keyboard dan mouse yang mana sangat membantu dalam hal kontrol pada game dengan genre third person shooter. Namun, genre tersebut masih merupakan suatu hal yang baru dan dinilai memiliki kontrol yang kurang cocok pada game mobile. Selain kontrol, user interface merupakan salah satu aspek usability yang berpengaruh terhadap kenyamanan serta kemudahan pengguna dalam menggunakan suatu game. Rules of Survival adalah sebuah game mobile dengan genre battle royale third person shooter yang diproduksi oleh NetEase. Game ini merupakan game mobile yang sedang banyak digemari pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability berupa aspek kontrol dan user interface pada game mobile Rules of Survival menggunakan metode Heuristic Evaluation. Dari hasil evaluasi heuristik yang dilakukan terhadap game mobile Rules of Survival, terdapat beberapa permasalahan pada kontrol dan user interface game tersebut. Berdasaran permasalahan yang ditemukan dari hasil evaluasi tersebut, maka dibuat sebuah rekomendasi tampilan yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam game mobile Rules of Survival.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Jawara Perkasa, M., Brata, K., & Jonemaro, E. Analisis Usability dan Rekomendasi Tampilan pada Game Mobile dengan Kategori Third Person Shooter Menggunakan Metode Heuristic Evaluation (Studi Kasus Game Mobile Rules Of Survival). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7800-7808, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6068>. Tanggal Akses: 12 des. 2019
Bagian
Artikel