Analisis Pengaruh User Experience Portal Berita Terhadap Citra Merek (Studi Pada Portal Berita XYZ)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Roni Yulistyo Saputra Hanifah Muslimah Az-Zahra Satrio Hadi Wijoyo

Abstrak

User Experience merupakan pengalaman yang dirasakan pengguna saat berinteraksi dengan website atau aplikasi. User experience yang dirasakan pengguna saat menggunakan website atau aplikasi lebih berkesan pada pengguna daripada saat menggunakan media konvesional. Sedangkan citra merek merupakan persepsi, penilaian, keyakinan konsumen terhadap merek tersebut.  Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak user experience pada citra merek, kemudian mengetahui variabel – variabel apa yang berpengaruh pada dampak tersebut serta merekomendasikan cara meningkatkan citra positif merek dagang melalui user experience. Merek dagang yang digunakan merupakan website dari portal berita yang ada di Indonesia. Portal Berita tersebut memiliki peringkat yang baik pada alexa.com dan similar web. Perankingan pada alexa.com dan similar web didasarkan pada kunjungan harian dan pageview. Kunjungan harian dan pageviews dapat dipengaruhi oleh user experience. Pada penelitian ini menggunakan 6 dari 7 variabel yang dikemukakan oleh De Angeli untuk mengukur user experience. Penelitian tidak menggunakan semua variabel user experience dari teori yang dikemukakan De Angeli. Satu variabel yang tidak digunakan adalah service quality karena variabel tersebut mengukur kualitas pelayanan seperti e-commerce sedangkan  hal tersebut tidak disediakan oleh website atau portal berita. Sedangkan untuk mengukur citra merek menggunakan teori dari Keller. Data yang didapat pada penelitian ini menggunakan metode kuisioner. Kemudian dilakukan pengujian variabel independent terhadap dependent. Berdasarkan data yang dihasilkan dari pengujian regresi linier berganda yang dilakukan, user experience memiliki pengaruh terhadap citra merek Tribunnews.com.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Saputra, R., Az-Zahra, H., & Wijoyo, S. Analisis Pengaruh User Experience Portal Berita Terhadap Citra Merek (Studi Pada Portal Berita XYZ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, p. 7809-7816, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6070>. Tanggal Akses: 18 agu. 2019
Bagian
Artikel