Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process – Simple Additive Weighting (AHP – SAW) (Studi Kasus : Geprek Kak Rose)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Royan Krisnanda Tiony Niken Hendrakusma Wardani Tri Afirianto

Abstrak

Pengambilan keputusan terhadap sebuah produk harus tepat guna dan sesuai dengan sasarannya agar bisnis yang sedang dikelola bisa terus bertahan dan bersaing di bidangnya. Salah satu bentuk pengambilan keputusan dari sebuah perusahaan yaitu melalui adanya Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Penerapan SPK dalam bisnis kuliner Geprek Kak Rose akan membantu perusahaan tersebut dalam menentukan keputusan pemilihan produk promo secara lebih cepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada guna membantu perusahaan agar tetap bersaing. Dalam penentuan produk promo tersebut, perusahaan menggunakan beberapa kriteria yang menjadi acuannya seperti Harga, Penjualan, Daya Tahan, dan Persediaan. Kriteria tersebut yang akan menjadi pedoman utama dalam SPK yang menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) – SAW (Simple Additive Weighting). Metode AHP digunakan untuk proses pembobotan kriteria tersebut, kemudian dilanjutkan dengan metode SAW untuk proses perangkingan kinerja terbaik berdasarkan semua alternatif yang ada. Untuk melihat kesesuaian terhadap SPK yang dibuat dengan keputusan manual dari pengguna, pada penelitian ini menggunakan pengujian korelasi Spearman yang menghasilkan nilai 0,737 yang berarti memiliki hubungan sangat kuat.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Tiony, R., Wardani, N., & Afirianto, T. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process – Simple Additive Weighting (AHP – SAW) (Studi Kasus : Geprek Kak Rose). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8413-8422, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6165>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel