Penerapan Decision Making NPC dengan Metode Hierarchical Finite State Machine Pada 2D Endless Runner Game

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mayovio Ahmad Mahendrata Eriq Muh. Adams Jonemaro Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Video game dengan genre 2D endless runner merupakan salah satu genre dari game yang masih populer hingga saat ini. Pada game 2D endless runner ini, pemain diharuskan untuk berjalan maju ke depan tanpa henti dengan melewati platform dan rintangan yang berupa jebakan maupun Non-Player Character (NPC) yang berperan sebagai musuh pemain. NPC yang ada di dalam game ini akan memiliki sebuah kecerdasan buatan yang diterapkan pada decision making dari NPC. Metode yang digunakan pada decision making NPC ini adalah Hierarchical Finite State Machine (HFSM). Decision making dari NPC akan diimplementasikan dengan membuat state dan sub-state. State ini akan berpindah menuju state lain berdasarkan trigger yang diterima oleh NPC, sedangkan sub-state berpindah tidak hanya dengan trigger, tetapi juga berdasarkan state yang sedang berjalan saat ini. Perpindahan dari satu state menuju state yang lain ini menggunakan transisi. State dan sub-state dari NPC akan berpengaruh pada perilaku NPC, yang mana dapat mempengaruhi playability dan memberikan peningkatan performa dari game ini sendiri. Diperoleh hasil bahwa frame rate paling optimal yang dihasilkan bernilai  68,3 fps dengan NPC berjumlah 25. Hal ini sesuai dengan rata-rata minimum frame rate yang distandarisasi dalam game yaitu sebesar 30 fps.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Mahendrata, M., Jonemaro, E., & Akbar, M. Penerapan Decision Making NPC dengan Metode Hierarchical Finite State Machine Pada 2D Endless Runner Game. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8423-8428, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6166>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel