Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Ainu Yazid Satrio Hadi Wijoyo Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman. Kemudian pada tahun 2016, Ruangguru meluncurkan sebuah aplikasi mobile yang berguna untuk pembelajaran jarak jauh sehingga memberikan kemudahan akses bagi para penggunanya. Pengguna dari aplikasi ini sendiri adalah para pelajar jenjang SD, SMP dan SMA. Namun, dalam penerapan teknologi dan informasi terutama pada produk aplikasi berbasis mobile / smartphone kepada masyarakat, selalu memiliki penilaian yang beragam terhadap suatu produk aplikasi tersebut. Oleh karena itu, masyarakat selalu mengutamakan konten yang berkualitas maupun keakuratan informasi yang disajikan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas Content, Accuracy, Format, Ease of Use, Timelines pada aplikasi Ruangguru berdasarkan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuesioner kemudian dilakukan analisis deskriptif dan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang menilai kinerja dari aplikasi Ruangguru berdasarkan kepentingan dari setiap variabel yang ada. Karakteristik populasi dalam penelitian ini adalah pengguna dari aplikasi Ruangguru itu sendiri yang difokuskan pada para pelajar jenjang SD, SMP dan SMA dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling berjumlah 100 responden.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Yazid, M., Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8496-8505, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6189>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel