Analisis Faktor Penempatan dan Penentu Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Menggunakan Metode Kuantitatif Deskriptif (Studi Pada SMK PGRI 3 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Abdurrahman Firmansyah Retno Indah Rokhmawati Satrio Agung Wicaksono

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan persepsi antara siswa, guru dan Dunia Usaha/Dunia Industri dalam menentukan keberhasilan program praktik kerja lapangan (PKL) siswa SMK PGRI 3 Malang. Analisis tersebut diketahui dari faktor-faktor penempatan dan penentu keberhasilan PKL di SMK PGRI 3 Malang. Hasil analisis kemudian diajukan sebagai bahan masukan dalam kegiatan PKL selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 3 Malang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan jaringan (TKJ), serta Multimedia (MM). Responden penelitian ini adalah 110 siswa, 9 guru pembimbing PKL, dan 5 Perusahaan (DU/DI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan wawancara. Penelitian menghasilkan faktor penempatan dan penentu keberhasilan PKL siswa SMK PGRI 3 Malang secara keseluruhan meliputi: akademik termasuk dalam kategori netral. Kesiapan siswa, tempat tinggal siswa, manfaat PKL, kendala PKL, fasilitas, persepsi siswa tentang kompetensi guru, dan kinerja siswa termasuk dalam kategori tinggi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Firmansyah, A., Rokhmawati, R., & Wicaksono, S. Analisis Faktor Penempatan dan Penentu Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Menggunakan Metode Kuantitatif Deskriptif (Studi Pada SMK PGRI 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8506-8513, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6192>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel