Pengembangan Sistem Manajemen Perusahaan Sablon Kaos Berbasis Website Menggunakan Metode Prototyping (Studi Kasus: Perusahaan Sablon di Kota Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Rayyan Abhad Achmad Arwan Djoko Pramono

Abstrak

Sablon Kaos adalah sebuah teknik mencetak tinta di atas media kaos dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon atau sering juga disebut film sablon. Jasa sablon kaos kini sudah berkembang menjadi usaha yang cukup menjanjikan karena semakin banyaknya kebutuhan kaos di masyarakat. Nalar Industries, Trilogy Screen printing, dan Mixone adalah beberapa contoh perusahaan sablon kaos di Kota Malang yang rata-rata memproduksi 100 hingga 150 potong kaos per hari. Dalam perkembangannya, perusahaan - perusahaan sablon kaos tersebut mulai merasakan permasalahan dalam beberapa hal seperti dalam proses pemesanan, manajemen produksi, dan pendataan keuangan perusahaan. Oleh karena itu, dibuatlah sistem manajemen perusahaan sablon kaos berbasis website untuk memanajemen proses pemesanan, memanajemen produksi, dan pendataan keuangan dengan lebih efektif dan efisien. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan metode prototyping karena kebutuhan pengguna belum diidentifikasi dengan jelas. Analisis kebutuhan pada penelitian ini menghasilkan 4 aktor, 30 kebutuhan fungsional, dan 1 kebutuhan non-fungsional. Pengujian pada sistem menggunakan strategi pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi. Berdasarkan pengujian tersebut didapatkan hasil yang membuktikan sistem berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu juga terdapat pengujian compatibility yang membuktikan sistem dapat berjalan dengan baik di berbagai browser dan perangkat.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Abhad, M., Arwan, A., & Pramono, D. Pengembangan Sistem Manajemen Perusahaan Sablon Kaos Berbasis Website Menggunakan Metode Prototyping (Studi Kasus: Perusahaan Sablon di Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8514-8522, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6194>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel