Pembangunan Sistem Point of Sale Yang Terintegrasi Dalam Setiap Cabang Outlet (Studi Kasus : 30 Derajat Street Food Tulungagung)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yuni Panca Wati Denny Sagita Rusdianto Adam Hendra Brata

Abstrak

30 Derajat Street Food merupakan bisnis makanan yang sudah mempunyai cabang yang tersebar di kota Tulungagung. Pada transaksi yang dilakukan oleh bisnis ini masih menggunakan buku untuk mencatat setiap transaksi. Selain itu untuk rekap hasil penjualan dan pengeluaran juga dilakukan dengan mencatatĀ  di buku. Sehingga dalam merekap keuangan sangat memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, dibangun sebuah sistem point of sale yang terintegrasi di setiap cabang outlet berbasis website. Pembangunan sistem ini menggunakan Software Development Life Cycle Software dengan model Waterfall. Dari hasil rekayasa kebutuhan didapatkan sebanyak 37 kebutuhan fungsional dan kebutuhan non fungsional yaitu compatibility. Sistem ini dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan object oriented dan menggunakan framework Codeigniter dengan model MVC (model, view, controller). Sistem ini diuji menggunakan pengujian unit dengan metode White Box, teknik yang digunakan yaitu basis path testing, pengujian Validasi dengan metode Black Box dengan kasus uji sebanyak 48 denganĀ  keberhasilan 100%. Dan pengujian compatibility dengan menggunakan tool sort site dan sistem berhasil diakses pada enam browser yang berbeda.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Wati, Y., Rusdianto, D., & Brata, A. Pembangunan Sistem Point of Sale Yang Terintegrasi Dalam Setiap Cabang Outlet (Studi Kasus : 30 Derajat Street Food Tulungagung). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8547-8553, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6201>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel