Pengembangan Aplikasi Informasi Tempat Ibadah Berbasis Android (Studi Kasus: Masjid, Gereja, Pura, Wihara, dan Kelenteng di Kota Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Josua Fernando Achmad Arwan Agi Putra Kharisma

Abstrak

Pada awal penerimaan mahasiswa baru tahun 2018 setidaknya ada 22.867 mahasiswa baru yang akan berkuliah di Kota Malang. Salah satu hambatan yang dialami para mahasiswa baru adalah sulitnya mencari tempat ibadah yang sesuai. Pada tahun 2014 terdapat 568 masjid, 1091 musala, 92 gereja bagi umat Kristen, 20 gereja bagi umat katolik, lima pura, delapan vihara, dan satu klenteng di Kota Malang. Kurangnya informasi terkait tempat peribadatan seperti dalam hal lokasi, jadwal peribadatan, jadwal pembicara, serta jalur transportasi yang dilalui oleh tempat peribadatan membuat sulit bagi mahasiswa baru untuk mencari lokasi tempat ibadah yang dekat, angkutan umum apa yang harus dinaiki untuk menuju tempat ibadah, maupun tempat ibadah yang sesuai. Maka dalam penilitian ini dibangun sebuah sistem untuk memberikan informasi-informasi terkait lokasi, jadwal peribadatan, jadwal pembicara, serta jalur transportasi pada tempat peribadatan dengan menggunakan layanan berbasis lokasi (LBS), Google Maps API dan dibangun dalam platform android native. Hasil yang diperoleh dari pengembangan aplikasi berbasis android, memperoleh 20 kebutuhan fungsional dan satu non-fungsional pada tahap rekayasa kebutuhan. Implementasi sistem dilakukan dengan konsep MVC (Model-View-Controller), pengujian unit menghasilkan 100% valid dari enam kasus uji, pengujian validasi menghasilkan 100% valid dari 38 kasus uji, dan pengujian compatibility menghasilkan 100% valid pada android versi 5 dan 9.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fernando, J., Arwan, A., & Kharisma, A. Pengembangan Aplikasi Informasi Tempat Ibadah Berbasis Android (Studi Kasus: Masjid, Gereja, Pura, Wihara, dan Kelenteng di Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8554-8562, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6202>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel