Penerapan Theta* Pathfinding untuk Navigasi Non-Player Character pada Gim Maze

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Akbar Ramadhan Eriq Muhammad Adams Jonemaro Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Perkembangan Video Game semakin maju seiring berkembangnya zaman, dengan seperti contoh Computer Graphic yang menghasilkan produk yang hampir setara dengan kenyataan, dan banyaknya game engine yang tersedia untuk pengembang, membantu perkembangan game development dan industri gim. Salah satu aspek dari game development yang turut berkembang adalah Artificial Intelligence (AI). AI dapat membuat gim terasa nyata dengan membuat kecerdasan yang dapat mendekati pola pikir manusia. Salah satu penerapan dari AI yang sering dipakai adalah pathfinding. Pathfinding merupakan metode pencarian jalur dari suatu titik ke titik tertentu yang akan dijalankan oleh AI. Metode pathfinding yang paling sering digunakan adalah A*, karena A* pathfinding dipastikan dapat memberikan hasil pencarian yang paling optimal. Namun, jalur yang dihasilkan belum tentu jalur terdekat, karena jalur alternatif lainnya yang dilewati masih dapat dioptimalkan dengan post-processing technique. Banyak metode alternatif selain A*, salah satunya adalah Theta* Pathfinding, yang merupakan algoritma yang dikembangkan lebih lanjut dari A* Pathfinding. Penelitian ini membahas Theta* Pathfinding dan performanya dibandingkan A* Pathfinding dalam gim maze. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa Theta* Pathfinding menghasilkan pencarian jalur yang lebih optimal dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan A* Pathfinding.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ramadhan, A., Jonemaro, E., & Akbar, M. Penerapan Theta* Pathfinding untuk Navigasi Non-Player Character pada Gim Maze. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8599-8607, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6218>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel