Analisis Persepsi Siswa, Guru, dan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) dalam Penempatan PKL bagi Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Syamsu Anaqin Retno Indah Rokhmawati Satrio Hadi Wijoyo

Abstrak

Terdapat permasalahan saat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yaitu penempatan siswa yang masih belum sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Dan siswa mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang kompetensinya. Penempatan PKL hanya masih mempertimbangkan satu faktor yaitu domisili atau tempat tinggal. Serta adanya kendala atau hambatan yang dialami selama pelaksanaan PKL. Berdasarkan permasalahan yang sudah ditemukan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari siswa, guru, dan DUDI dalam penentuan penempatan PKL dan kendala yang dialami dalam pelaksanaan PKL. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan sebanyak 84 siswa, guru produktif sebanyak 4 orang, dan DUDI sebanyak 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa pandangan yang sama jika dilihat dari kuesioner siswa, wawancara guru, serta wawancara DUDI. Variabel yang sama dari ketiganya adalah variabel akademik, tempat tinggal, kesiapan, serta kendala.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Anaqin, S., Rokhmawati, R., & Wijoyo, S. Analisis Persepsi Siswa, Guru, dan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) dalam Penempatan PKL bagi Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8614-8620, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6221>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel