Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Menggunakan Speech Recognition (Studi Kasus : SDN Tulusrejo 1 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mohamad Ilham Agi Putra Kharisma Wibisono Sukmo Wardhono

Abstrak

Suku Jawa memiliki budaya penulisan yang unik yang bernama Aksara Jawa atau hanacaraka. Akan tetapi sedikit masyarakat Indonesia khususnya Suku Jawa yang mengetahui dan bisa membaca Aksara Jawa. Peran pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu dengan menetapkan mata pelajaran Bahasa Jawa yang akan dijadikan mata pelajaran muatan lokal untuk di madrasah dan sekolah untuk melestarikannya berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur dengan nomor 19 pada tahun 2014. Pada penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran membaca aksara Jawa menggunakan speech recognition yang diimplementasikan pada smartphone yang memanfaatkan library android speech recognition yang berfungsi untuk mengubah suara menjadi teks. SDLC prototyping akan digunakan dalam pengembangan pada aplikasi. Kemudian fitur yang tersedia pada aplikasi yaitu fitur belajar dan latihan agar siswa dapat mengetahui dan bisa membaca aksara jawa. Hasil dari pengujian validasi yaitu semua kebutuhan sistem telah sesuai dengan kebutuhan fungsional. Kemudian pada pengujian accuracy sistem mendapatkan nilai sebesar 85% yang berarti jawaban akan gambar yang diujikan pada soal telah sesuai dengan materi aksara Jawa. Pada pengujian usability mendapatkan nilai rata-rata pengujian sebesar 71,79 artinya aplikasi ini memiliki penerimaan user yang acceptable, memiliki rating good , serta grade C.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ilham, M., Kharisma, A., & Wardhono, W. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Menggunakan Speech Recognition (Studi Kasus : SDN Tulusrejo 1 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8640-8646, sep. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6225>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel